Selasa, 23 Maret 2010

Wisata Laut Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah Taman Nasional yang termasuk kedalam Provinsi jawa tengah. Terdapat 27 pulau yang memilik pesona keindahan bawah laut yang mengagumkan. Saya akan menceritakan dari awal perjalanan kita dari Yogyakarta hingga kembali lagi ke Yogyakarta.

pulau gosong

Kita dari jogja berangkat berjumlah 7 (tujuh) orang, semuanya mahasiswa teknik pertambangan STTNAS yogyakarta. Karena pada stress setelah ujian n setelah ngerjain tugas Mine Plan Design makanya kita mencari tempat untuk refreshing. Akhirnya setelah searching d mbah google, akhirnya qt dapet tempat yang namanya KARIMUNJAWA.

Qt berangkat dari jogja tanggal 7 february 2010 jam 23.00 wib (11 malam) dengan menyewa mobil kijang lgx plus sopir di rental mobil 8 dewa. Jogja - magelang - semarang - jepara di tempuh selama 6 jam (maklum ga tw jalan). Sampai di pelabuhan kartini (jepara) jam 5, kita istirahat dulu di pelabuhan kartini (nyari yang gratis) sambil nunggu KMP Muria beroperasi (jam 09.00). Jam 08.00 qt dah beli tiket (Rp 30.500,00 = ekonomi hehe) penyebrangan d Loket pelabuhan Kartini n langsung masuk kapal. Jam 09.00 KMP Muria berlayar menuju kepulauan Karimunjawa. Karena pada waktu itu cuaca buruk, maka penyebrangan memakan waktu lebih lama (7 jam 30 menit) daripada waktu normal yang hanya 6 jam perjalanan laut.

Photobucket

Sore hari (16.30) tiba di pelabuhan karimunjawa dan langsung di samperin sama yang nawarin jasa penginapan (ga ush khawatir soal cr penginapan). akhirnya kita bertujuh menginap di Homestay Srikandi (0279 - 312239) lokasinya ga jauh dari pelabuhan, Harga 1 kamar Rp 60.000,00 diisi 3 orang (kalo diisi 2 orang harga 50 rebu). Kita pesan 3 kamar di lantai 2 dan pinjem dvd playernya yang punya homestay ( hehehe buat hiburan ).

Bsok paginya kita siap buat keliling pulau-pulau bwt Snorkeling, Fishing, Swimming. Untuk sewa kapal, kita sewa dari mas Kontet (081225295961) seharga Rp. 350.000,00 seharian. Kapalnya lumayan gede ( 10 orang bisa masuk ), kita ga perlu lagi bayar BBM n upah drivernya plus ikan laut bakar bwt makan siang kita ( mas kontet yang mancing n bakar ikannya). Pagi jam 08.00 kita dah d tgu mas kontet n driver kapal bwt jalan2. Bener-bener laut yang indah n pas banget waktu itu cuaca cerah. dari atas kapal kita bisa ngelihat terumbu karang secara langsung apalagi kalo kita lihat sambil menyelam , keren bgt (sewa peralatan snorkeling sm mas kontet RP30.000 = kacamata, pelampung, kakikatak). kita makan siang di sebuah pulau kecil, selama kita snorkeling , mas kontet nyariin ikan bwt mkan siang dan dia juga yang bakarin ikannya, kita cuma tinggal nyiapin nasi dll. sore harinya sebelum kembali dr pelayaran, kita mampir di penangkaran hiu dan barakuda (20.000 rupiah per kapal). disana qt bisa mandi bareng ikan hiu ( kalo lu punya mental sih ,,,,) tapi qt ga d bolehin bwt mandi bareng d kolam barakuda n hiu putih, cm bisa d hiu yang biasa (ada 2 hiu yang gede bgt).

Selesai kejar2an ma ikan hiu akhirnya kita kmbali ke homestay untuk beristirahat. Esokharinya kita ga kmana2, cuma maen domino / gaplek seharian d Homestay. esok harinya lagi baru kita pulang ke jogja, pagi naek KMP muria, dr jepara semarang naek bus, semarang solo naek bus, solo jogja naek sumber kencono hehehe......